Tumis Pete dan Cumi Asin Pedas

Eh..ini masakan gambarnya ga jelas banget yah hehehehe...
Pokoknya yang item-item itu lah cuminya. 
Masakan ini termasuk salah satu makanan favorit saya dan Daddy. Padahal Daddy sebelumnya ga suka makan cumi, tapi setelah saya memasak cumi asin dengan cara di tumis seperti ini, Daddy jadi suka banget. 

Rasa masakan ini, manis pedas asin dan gurih dari tintanya. Apalagi  aroma petenya yang bikin nambah nafsu makan, meskipun sebenarnya saya ga suka makan pete tapi suka sama aromanya. Tumis pete cumi ini lebih nikmat jika  dimakan dengan nasi putih yang masih anget...pasti jadi pengen nambah lagi nambah lagi..

Ya udah...dari pada kepanjangan mendingan intip bahanya aja dulu yuks..



Bahan:
200 gr cumi asin, rendam 15 menit dengan air hangat untuk mengurangi rasa asinnya, lalu potong kecil-kecil
1 papan pete, kupas lalu belah dua
4 buah cabe hijau besar, iris tipis
Garam secukupnya
1/2 gelas air
3 sdm minyak untuk menumis
3 sdm minyak untuk menggoreng cumi

Bumbu yang diiris halus:
5 siung bawang merah ukuran besar
3 sing bawang putih
6 buah cabe rawit merah yang pedas
1/2 buah tomat matang potong kotak
Gula merah sisir halus *kira-kira 1/2 sdm*

Cara Membuat:
Panaskan minyak, masukan cumi yang dipotong-potong. Goreng selama kurang lebih 5 menit atau sampai cumi tidak terlalu basah, angkat tiriskan. 

Masukan lagi minyak dipenggorengan bekas menggoreng cumi. Kemudian masukan bawang merah dan bawang putih, tumis hingga harum, lalu masukan cabe, tomat, pete, gula dan sejumput garam [hati-hati dalam menambahkan garam, karena cuminya sudah asin]. Aduk semua bahan hingga layu, kemudian masukan air. Biarkan hingga air mendidih dan agak menyusut, kemudian masukan cumi, biarkan hingga semua airnya menyusut, cicipi, jika rasanya sudah pas lalu angkat.

Tumis pete dan cumi asin pedas, siap dinikmati bersama nasi putih hangat...
Selamat mencoba^^



0 comments :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^