Kolak Biji Salak dan Pisang

Kolak ini saya buat kemarin, untuk kudapan sore hari sambil nonton tivi. Lumayan hangat buat menemani sore yang hujan. Ini memang salah satu kolak kesukaan saya sejak kecil. Kirei dan Daddy juga suka sekali dengan rasanya yang manis dan aroma pandannya yang enak. Dulu biasanya mama yang bikin kolak ini di rumah. Sekarang, karena jauh dari mama jadi kalo pengen bikin yang beginian harus mau uplak uplek sendiri di dapur. Soalnya kalo bukan ramadhan, jarang banget orang jualan kolak ini.

Untuk membuatnya sebenernya tidak terlalu rumit, cuma harus agak telaten nungguin santannya biar ga pecah sama ngebulet-buletin adonan ubinya. Tapi sebanding kok sama hasilnya..^^








Bahan:
1 buah pisang tanduk
1 lembar daun pandan

Bahan Biji Salak:
2 buah ubi manis rebus ukuran sedang, kupas lalu lumatkan
4 sdm tepung sagu/tapioka
1/2 sdt vanilli bubuk
Air untuk merebus

Kuah Kolak:
200 gr gula merah
2 sdm gula pasir
sejumput garam
600 ml santan

Cara membuat:
Campurkan ubi dengan tepung sagu/tapioka, dan vanilli, aduk hingga rata dan adonan bisa dibentuk. Ambil sedikit adonan lalu bentuk bulat atau bulan lonjong, masukan ke dalam air yang mendidih, tunggu hingga adonan mengambang. Angkat, tiriskan.

Didihkan air dengan santan dan gula merah serta gula pasir, lalu masukan sedikit garam. Aduk-aduk jangan sampai santan pecah, masukan daun pandannya. Masak hingga meletup-letup lalu masukan pisang yang sudah dipotong-potong. Tunggu hingga pisang matang.
Sesaat sebelum diangkat masukan biji salak. Cicipi rasanya, apabila rasanya sudah pas, matikan api. Lalu sajikan.

Selamat mencoba^^


0 comments :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^