Katsu Ayam


Selamat pagi momies...
Wikend yang agak mendung di Bandung tapi tetap harus beraktifitas seperti biasanya. Karena ibu rumah tangga memang tak mengenal hari libur. Kerjaan tetap numpuk di dapur, dan tetap harus menyiapkan hidangan-hidangan yang lezat untuk semua anggota keluarga. Nah lho kok jadi curhat yah hehehe..

Pagi ini saya membuat katsu ayam kesukaannya Daddy, sejak minggu kemaren Daddy udah mesen pengen dibuatin ini. Akhirnya meski masih ngantuk dan belum pengen nguplek di dapur tapi demi si akang tercintah...*tsaaah* akhirnya saya sudah siap juga di dapur dengan berbagai bahan untuk membuat katsu ayam ini. Sebagai pelengkap Katsu ayamnya, saya tambahkan saus teriyaki, kentang goreng & rebus serta setup sayuran.

Baiklah, daripada kelamaan openingnya mending langsung ngecek bahan-bahannya yuks..^^


Bahan Katsu Ayam:
2 buah dada ayam tanpa tulang
Merica bubuk
Garam
Minyak untuk menggoreng
2 sdm terigu
1 btr telur
1 sdm susu bubuk
Tepung roti kasar secukupnya

Setup Sayuran:
1 buah wortel, potong kotak kecil
100 gr buncis, potong-potong
1 buah jagung manis, sisir
1/2 sdm gula pasir
1 sdm mentega

Kentang Goreng:
3 buah kentang potong kecil memanjang
Minyak untuk menggoreng [kecuali kentangnya direbus]
Garam

Saus Teriyaki:
1 Buah bawang bombay
1 siung bawang putih
1 sdm kecap asin
2sdm saus teriyaki
1 sdm kecap manis
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica hitam
1 sdm margarin untuk menumis
250 ml air
1 sdm tepung maizena yang diencerken dengan 3 sdm air

Cara membuat:
Katsu ayam:
Siapkan ayam, jika terlalu tebal, bagi menjadi dua bagian, lalu pipihkan. Taburi dengan garam dan merica bubuk setiap sisinya lalu taburi dengan terigu. Setelah itu, celupkan ke dalam kocokan telur yang sudah dikocok bersama susu. Angkat, kemudian gulingkan ke dalam tepung roti, lalu goreng satu persatu dengan tehnik deep frying yah biar matang semua. Setelah warnanya kuning kecoklatan lalu angkat dan tiriskan.

Setup Sayuran:
kukus semua sayuran hingga matang, lalu panaskan margarin dan tumis sayur sebentar, angkat lalu taburi gula. Kemudian, aduk-aduk.

Kentang Goreng:
Siapkan kentang yang sudah dipotong-potong dan ditaburi garam lalu goreng atau rebus hingga matang.

Saus Teriyaki:
Panaskan margarin, lalu masukan bawang bombay, tumis hingga wangi, kemudian masukan air. Biarkan hingga mendidih, lalu masukan semua bumbu. biarkan hingga bumbu matang, lalu masukan larutan tepung maizena, tunggu sampai saus mengental. Cicipi rasanya, apabila sudah pas, angkat.

Penyajian:
Siapkan piring ukuran besar, tata kentang goreng, setup sayuran dan katsu ayam di atasnya. Siramkan saus di atas ayam atau bisa juga diberi tambahan saus tomat dan saus cabe. Nah..katsu ayam siap dinikmati..

Selamat berakhir pekan dan mencoba resepnya yah..^^


2 comments :

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^