Churros

Saya pertama kali liat churros, waktu teman saya memposting resepnya di multiply. Saya pikir rasanya pasti enak. Akhirnya saya mulai nyari-nyari di gugel kira-kira resep churros mana yang sreg. Ternyata churros ya begitu-begitu aja komposisinya. Terigu, mentega, telur dan gula bubuk plus kayu manis, ada juga yang disajikan dengan saus coklat. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat churros versi saya sendiri, jadi saya tambahkan susu cair dalam adonannya.

Rasanya? enak seperti yang saya bayangkan, tapi saya kesulitan saat menyemprotkan adonannya, sampe belepotan kemana-mana. Makanya bentuknya agak gendut dan pendek-pendek. Untunglah biarpun bentuknya tidak jadi memanjang langsing, tapi tidak mempengaruhi rasanya hehhe...

Mau mencobanya juga.. untuk menemani secangkir teh di sore hari hari saat turun hujan? Mari siapkan bahan-bahannya...





Churros




Bahan:
150 gr tepung terigu
100 ml susu cair
200 ml air
50 gr mentega/margarin
1/2 sdt garam
2 btr telur
Minyak untuk menggoreng

Taburan:
150 gr gula bubuk
1/2 sdt kayu manis bubuk

Cara membuat:
Didihkan air, garam, susu serta mentega. Kemudian kecilkan api, lalu masukan terigu, aduk hingga kalis. Kalau terigunya bergumpal-gumpal, jangan ragu-ragu untuk terus mengaduknya. Setelah itu matikan apinya. Angkat dari kompor, hilangkan uap panasnya kemudian masukan 2 butir telur, aduk lagi hingga rata.

Siapkan plastik segi tiga lalu pasang spuit berbentuk bintang, masukan adonan lalu semprotkan di atas minyak panas. Jaga apinya jangan terlalu besar supaya tidak cepat gosong.
Setelah berwarna kecoklatan, angkat, lalu taburi dengan gula halus yang sudah dicampur dengan kayu manis bubuk.





Churros garing gurih dengan aroma kayu manis, siap disantap bersama teh, atau kopi..^^

2 comments :

  1. Aku pertama kali ngerasain Churros waktu ke Chicago. Rasanya gak enak. Manisnya gak ketulungan. Masih jauh lebih enak cakwe.
    Aku bayangin, churros tuh gurih, bukan manis. Kuciwa deh.

    Eh pake blogspot, gak bisa ketahuan komentar kita udah dibales atau belum. Kalau sesama Wordpress, enak, bisa ketahuan. Bagi mantan MPers, bisa berbalas komen. Huehehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah lho....
      jangan2 churros yang beredar di kita beda sama yang di cikago ya mbakyu... :D
      kalo yang ini churrosnya gak manis, manisnya dari taburannya aja sih..:)


      kya kya kya... bener, pake BS emnag gak ketaun, gak ada notifnya, saya juga ada yang di WP sayang gak ke urus..:(

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^