Roti Isi coklat kacang



Membuat roti sendiri di rumah? repot yah..tapi kalo ga dicoba ya ga bisa-bisa...
Saya suka dengan roti ini rasanya enak, coklat dan kacangnya pas banget, tapi sebelnya kalo udah baking-bakingan cucian numpuk di mana-mana..tapi lelahnya terbayarkan kok setelah mencoba gigitan pertama dari roti ini..^^
Untuk yang mau iseng-isengan dan punya banyak waktu luang kenapa tidak mencobanya?
*Resep ini saya dapatkan dari mbak endang di SINI, yang saya modifikasi sebagian.

Berikut bahan dan cara membuatnya...


Water roux / taizhong starter:
50 gr tepung terigu Cakra Kembar
250 ml air

Bahan roti:
125 gr water roux starter

200 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang [saya]
1/2 sdt garam
1 sdm gula pasir
1,5 sdt ragi instan
1/2 btr telur kocok lepas
15 gram mentega

Bahan isi:

2 sdm coklat bubuk
100 gram kacang tanah sangrai, tumbuk kasar
4 sdm gula pasir
1 sdm susu bubuk
(aduk semua bahan sampai rata)


Membuat thaizong starter:

Siapkan wajan anti lengket lalu masukan terigu dengan setengah air takaran, aduk aduk hingga rata baru masukan semua airnya. Setelah tercampur semua baru nyalakan apinya. Masak hingga adonan menjadi licin dan sangat kental.
Angkat, sisihkan dan tunggu hingga dingin.

Siapkan mangkuk masukan terigu, gula, ragi lalu aduk, baru masukan garam, aduk-aduk lagi.
Ambil adonan taizhong, lalu campurkan dengan mentega cair dan telur, aduk hingga rata lalu campurkan dengan adonan kering, aduk lagi hingga membentuk gumpalan.

Siapkan adonan di atas meja yang telah ditaburi tepung terigu, lalu uleni adonan sampai sampai kalis. Kira-kira 30 menitan.

Istirahatkan adonan selama 1 jam, di dalam wadah yang sebelumnya telah diolesi minyak. Tutup adonan dengan serbet bersih.

Setelah adonan mengembang kira-kira 2 kali lipat, ambil adonan lalu kempiskan dengan kayu penggilas. Sekarang adonan bisa dibuat sesuai selera dan jangan lupa memasukan isiannya.

Roti yang saya buat yaitu dengan cara menipiskan adonan kurang lebih 1 cm berbentuk segi 4. Di atasnya ditaburi bahan isian, lalu gulung adonan seperti halnya membuat rollade. Lalu simpan di atas loyang yang sudah si alasi kertas roti. Setelah semua adonan habis, istirahatkan adonan sampai mengembang.

Panaskan oven, lalu olesi adonan dengan kuning telur atau susu, lalu bakar di dalam oven selama kurang lebih 45 menitan.

Selamat Mencoba^^

0 comments :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^