Candied Orange Peel alias Manisan Kulit Jeruk

Manisan kulit jeruk ini, patut banget dicoba, bahkan saya yang tidak begitu suka dengan manisan, menyukai manisan kulit jeruk ini...
kenapa?
karena tekstur luarnya garing manis, namun bagian dalamnya ketika dikunyah dimulut akan terasa chewy..[efek kurang bersih ngebuangin sponge bagian dalamnya], meski rasanya masih agak getir, tapi aromanya benar-benar enak....

Saya membuat manisan ini karena penasaran aja, apakah rasanya benar2 seindah tampilannya yang cantik itu..dan ternyata memang tidak mengecewakan..

Membuatnya memang harus telaten..dan membutuhkan waktu yang agak lama tapi percaya deh sebanding kok dengan hasilnya..

*Resep saya ambil dari justtryandtaste



Bahan:
2 buah jeruk sunkist, ambil kulitnya
200 gram gula pasir
300 ml air
4 sdm gula pasir untuk taburan

Cara Membuat:
Kupas jeruk dan ambil kulitnya, hati-hati jangan sampai sobek. Bersihkan bagian putih yang mirip spongenya, lalu iris-iris memanjang. sisihkan.

Rebus air hingga mendidih, masukan kulit jeruk, kecilkan apinya. Rebus kira-kira 5 menitan. angkat jeruknya ambil airnya, saya tidak membuangnya karena si akang suka dengan aroma jeruk, jadi saya menyimpannya untuk campuran minuman.
Lakukan proses perebusan tersebut sekali lagi. Angkat, tiriskan.

Didihkan 300 ml air, lalu masukan 200 gr gula pasir, tunggu hingga mendidih, kemudian masukan kulit jeruknya, tapi jangan diaduk-aduk, supaya gula tidak mengkristal. jika airnya sudah berkurang, matikan api. Biarkan jeruk hingga dingin dalam air gulanya.
Jika sudah dingin, angkat tiriskan di atas kawat.


Siapkan gula diatas piring, lalu lumuri kulit jeruk dengan gula pasir satu persatu.
Tata jeruk diatas wadah yang telah dialasi kertas minyak, *saya pake tisu*
Biarkan semalaman hingga, jeruk menjadi kaku dan gulanya kering, masukan dalam toples lalu tutup rapat dan simpan di dalam kulkas.


Manisan kulit jeruk dengan aromanya yang enak, siap dinikmati^^

2 comments :

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^