Cake Jeruk

Saya ingat masih menyimpan manisan kulit jeruk di kulkas yang rencanya memang akan dibuat untuk campuran cookies atau cake. Tadinya saya mau bikin cake yang dipanggang, tapi malesnya lagi kumat banget...kalo abis baking-bakingan kompor jadi pada gosong..*pake oven manual hehehe*
makanya saya bikin kue kukus saja biar lebih simple.

Kuenya, terasa legit dengan tekstur yang moist, karena dikukus mungkin yah..jadi meskipun saya simpan dan dimakan keesokan harinya teksturnya tetap lembut, ga seret di tenggorokan.

Buat yang mau mencoba resep ini, silahkan lihat dulu resep membuat manisan kulit jeruk yah, soalnya kue ini dapat aromanya dari manisan itu...

Buat yang mau nyoba, yuk intip bahan-bahannya^^


Bahan kue:
110 gr terigu protein sedang
100 gr mentega unsalted
100 gr gula pasir
120 ml buttermilk
1/2 sdt cake emulsifier
1 bks sari jeruk serbuk
2 sdm manisan kulit jeruk cincang
2 btr telur
1/2 sdt baking powder

Bahan pelangkap:
Buttercream
Manisan kulit jeruk

Persiapan:
Panaskan dadang yang tutupnya telah diberi serbet, lalu siapkan loyang olesi dengan mentega dan taburi terigu, sisihkan.
Campur terigu dan baking powder, ayak, sisihkan.

Cara Membuat:

Kocok mentega dan cake emulsifier hingga creamy, masukan gula kocok lagi hingag tercampur lalu masukan telur satu per satu. Pastikan telur telah terkocok sempurna sebelum memasukan telur berikutnya.
Masukan buttermilk, kocok hingga adonan tercampur rata, lalu masukan terigu, kocok dengan kecepatan paling rendah, kemudian masukan cincangan kulit jeruknya.Matikan mixer, aduk adonan dengan spatula hingga rata, lalu tuang di atas loyang. Kukus donan selama kurang lebih 45 menit.
Angkat dari kukusan, diamkan dulu sebentar, lalu balik kue ke atas piring saji, biarkan sesaat agar uapnya keluar, lalu balik lagi.



0 comments :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^