Cocoa Condensed Milk Pound Cake


Cocoa Condensed Milk Pound Cake
Cake yang dibuat dengan campuran susu kental manis... 

Assalamua'laikum...
Wilujeng sonten...

Salah satu resepnya Vivian pang yang udah saya bookmark lamaa banget, cuma baru kesampaian bikin. Tadinya nunggu susu kental manis ngaggur kali-kali ada bekas bikin apa gitu. Kan suka nanggung kalo kalengnya udah kebuka. Kayak tadi pagi, ada susu kental manis sisa bikin salad, daripada disimpen lama-lama mending bikin cake aja sekalian uji coba resep. Penasaran aja gimana rasanya... 

Ternyata penambahan susu kental manis itu, ngaruh banget ke tekstur ya [selain rasa maksudnya]... suka aja sama teksturnya, beremah, tapi gak bikin seret. Lembut banget, dan meski saya gak menambahkan baking powder, tapi hasilnya gak bantet kok. Resepnya ada yang saya tambah dan kurangi. Kayak coklatnya saya kurangi jadi 20 gr dari 50 gr, terus tepungnya saya tambah 30 gr maksudnya buat menambal kekurangan coklat itu tadi. Terus kopinya saya pakai 1 sdm padahal di resep asli cuma 1/2 sdt aja. Gulanya juga saya tambah 10 gram. Hasilnya? enaaaak....! serius... meski coklatnya dikurangin, tapi tetep nyoklat... dan saran saya, cake ini lebih mantap saat disajikan bersama kucuran susu kental manis.. lebih legit. 



Cocoa Condensed Milk Pound Cake


O yah resep aslinya ini tuh harusnya dipanggang dengan cara steam bake cuma saya kelupaan, jadi dipanggang langsung aja gak ditambahin air hihihi... untung lah hasilnya tetap memuaskan. Pokoknya buat pecinta cake yang manis-manis dan nyoklat, recomended deh...^^




Cocoa Condensed Milk Pound Cake
Bukannya sok-sok black and white stylingnya tapi emang mataharinya tiba-tiba kaclep...:D

Cocoa Condensed Milk Pound Cake



COCOA CONDENSED MILK POUND CAKE
[Resep sudah dimodifikasi dan diterjemahkan suka-suka saya]







125 gr butter/ margarin
40g gula halus [saya 50 gr]
120 gr susu kental manis
1/2 sdt vanilla bubuk
1/2 sdt kopi instan [saya pakai 1 sdm kopi kapucino bubuk, seduh dengan 3 sdm air panas]
120 gr tepung terigu [saya 150 gr]
50 gr cokelat bubuk [saya cuma 20 gr]
1 sdt baking powder [skip]
2 btr telur
Chocolate chips untuk topping







Kocok gula dan butter/margarin hingga rata dan berwarna agak pucat. Tambahkan vanilli, kopi dan susu. Kocok lagi hingga rata. Masukan telur satu per satu, kocok rata. Masukan tepung terigu yang sudah dicampur dan diayak bersama cokelat bubuk serta baking powder [jika pakai]. Kocok dengan mixer berkecepatan rendah, sebentar saja. Matikan mixer, aduk hingga rata dengan spatula.

Tuang ke dalam loyang  yang sudah dioles margarin dan ditaburi tepung terigu. Taburi permukaan adonan dengan chocochips, lalu panggang selama 25 menit dengan cara steam bake [kalo saya dengan cara dipanggang langsung] di suhu 180'C. Keluarkan dari oven, balikan di atas rak kawat. Potong-potong. Sajikan dengan susu kental manis. 

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,


4 Komentar

  1. Wah cake coklat salah satu favorit saya teh...langsung dibookmark nanti mau nyoba bikin ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem, sama heheh..
      iya cobain deh, mudah2an suka ya^^

      Hapus
  2. Halo teh ayudiah, salam kenal. Diam2 daku suka lho berselancar di blog ini. Ada yg ingin saya tanya ni, untuk coklat bubuk teh ayu suka pake merk apa ya? Yg hitam tp tdk pahit, pernah gak pake coklat bubuk merk tulip? Ditempat saya ini gak ada merk2 yg mahal.

    Makasih : ida.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mbak Ida...
      heheh Alhamdulillah masih ada yang baca :D
      kalo saya biasanya pake yang biasa aja kayak van houten sama windmolen mbak.. jarang yang mahal2...:) saya belum pernah pake merk tulip karena gak pernah nemu aja, di supermarket tempat saya belanja adanya bendico, van houten atau windmolen... :)

      makasih ya dah suka mampir dimari ^^

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^