Kroket Kentang Keju

Kroket Kentang Keju


Baru kali ini kesampaian pengen bikin kroket kentang...ternyata rasanya enak juga...gurih dan empuk, kroket ini juga termasuk camilan yang mengenyangkan...


Baru kesampaian nih bikin kroket kentang. Sekilas dari penampakannya, mirip risoles yah? soalnya saya pakai tepung roti yang halus untuk lapisan luarnya. Tapi rasanya agak berbeda dari risoles, karena kulitnya  terbuat dari kentang, jadi lebih empuk. Selain itu saya juga menambahkan parutan keju ke dalam adonan kulitnya, supaya rasanya lebih gurih, kalo gak suka keju, skip aja.

Awalnya saya pikir, kroket ini gak bakalan habis, soalnya daddy gak begitu suka olahan kentang semacam ini, kecuali kentang goreng. Tapi, ternyata Daddy dan si balita suka banget. Padahal ukuran setengah kilo kentang itu, menurut saya lumayan banyak...tapi, alhamdulillah ternyata habis... 



Kroket Kentang Keju



Kroket Kentang Keju


Sebenarnya resep kroket kentang ini agak-agak mirip dengan shephereds pie yang penah saya buat dulu. Bedanya kroket kentang ini di goreng. Tapi dua-duanya sama-sama enak kok..hehehe..

o yah satu lagi, ternyata isiannya kebanyakan, sepertinya resep isian ini cocok dipakai untuk 2 kali resep kulitnya. Jadi, isiannya masih bersisa setengahnya lagi..ya ga apa-apa lah mungkin nanti mau dibuat sesuatu.. enggak tau apa belum kepikiran. Sekarang mah, lebih baik ditaro di mangkuk, tutup pake cling wrap, lalu simpen dulu di kulkas...heheheh..





KROKET KENTANG KEJU










Kulit

500 gr kentang, kupas, kemudian kukus, haluskan
1/4 sdt garam
Sejumput gula
1/2 sdt pala bubuk
1/2 sdt merica bubuk
65 gr keju cheddar parut
1 sdm tepung maizena
1 kuning telur



Isi:

200 gr dada ayam, potong dadu kecil
1 buah wortel ukuran besar, potong kotak kecil/ parut halus
50 gr buncis, iris kecil-kecil
150 ml air kaldu
1 sdm kecap manis
1 sdt kecap asin
Garam 
Gula


1 buah bawang bombay
3 buah bawang putih
3 buah bawang merah
[cincang halus]


Putih telur untuk celupan
Tepung roti
Minyak untuk menggoreng







Kulit:

Haluskan kentang, kuning telur,  masukan keju cheddar parut, pala, merica, gula dan garam, aduk rata, Apabila terasa masih lembek atau terlalu lembek, tambahkan tepung maizena, aduk rata, sisihkan.


Isi:

Tumis bawang-bawangan hingga harum, masukan daging ayam, masak hingga ayam berubah warna. Masukan sayuran, tambahkan air kaldu, masak hingga airnya menyusut. Bubuhi gula, garam, dan merica, tambahkan kecap manis dan kecap asin, masak hingga airnya mengering. Cicipi rasanya, apabila sudah pas angkat.

Ambil satu sendok adonan kulit, beri isian, kemudian bentuk sesuai selera, celupkan ke dalam putih telur lalu gulingkan ke dalam tepung roti, kemudian goreng hingga kuning kecoklatan. Angkat, sajikan hangat.



Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,


7 Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^