Basic Plain Sponge Cake

sponge cakeYeay..akhirnya..berhasil juga membuat sponge cake! berhasil amblas maksudnya hehehehe...yah namanya juga belajar, yang penting terus semangat. Sebenarnya saya gak niat banget bikin kue ini, ngebayanginnya aja ogah...soalnya sponge cake kayak gini kan harusnya diberi semprotan apa gitu supaya cantik dan rasanya lebih nendang. Tapi tahu sendiri kan saya paling malas kalau harus mendekor-dekor kue, nguplek berjam-jam cuma buat mringkel-mringkel butter cream...errr..gak ada waktu banget keburu jerit-jerit babyku..huhu...

Eh....tapi....kemarin sempat main-main ke blognya kak sonia dan nemu resep sponge cake yang loyangnya nggak dialasi kertas roti ataupun dialas margarin, ditabur terigu *biar gak nempel gitu maksudnya*, dari situ langsunglah tergoda, barangkali dengan tehnik tersebut si sponge cake yang memang suka cepet mekar tapi cepet juga ambruknya ini bisa diakalin.

Emmhh..yah satu lagi sebenarnya saya pernah membuat sejenis sponge cake waktu itu kalo gak salah namanya chesse chifon cup cake, mirip-mirip lah yah dari segi adonannya, tapi hasilnya agak mengecewakan. Si cake yang asalnya naik dan berbentuk jamur, kemudian turun dan lebih parah lagi jadi cekung...padahal rasanya enak banget...:(
Makanya pas dapat resep dari kak sonia jadi langsung tergoda..barangkali bisa sukses. Tapi ternyata...permukannya malah retak dan meski tidak benar-benar ambruk kayak yang pertama, tapi tetep nggak secantik punyanya kak sonia deh.. 

Dari segi rasa, meski bentuknya nggak cantik tapi masih bolehlah...nggak terlalu manis, buktinya pas habis jepret-jepret, kuenya tinggal setengah loyang, dilahap bertiga heheh...





sponge cake





Read More...



BASIC PLAIN SPONGE CAKE




4 kuning telur ukuran besar
20 gr gula kastor
50 gr minyak jagung [saya pake minyak sayur]
60 gr susu
1/2 sdt vanilla
90 gr tepung terigu

4 putih telur
1/4 sdm perasan air jeruk nipis
60 gr gula kastor







Cara membuat:

Aduk kuning telur dengan gula, memakai whisk. Tambahkan minyak dan susu, aduk, kemudian masukan tepung terigu aduk lagi hingga rata, sisihkan.
Tambahkan perasan air jeruk ke dalam putih telur, kemudian kocok hingga mengembang, tambahkan gula secara bertahap, kocok terus hingga  apabila mixer diangkat, kocokan telurnya tidak jatuh.
Ambil 1/3 bagian  ocokan putih telur kemudian masukan ke dalam campuran kuning telur, aduk.
Masukan sisa kocokan putih telur kemudian aduk balik hingga rata. Mauksan ke dalam loyang, kemudian panggang dengan api sedang selama setengah lama waktu pemanggangan [kira-kira sekitar 25 menit / 140'] lalu naikan suhunya, panggang hinga matang [sekitar 170' selama 30 menit lagi].



Selamat mencoba, semoga bermanfaat...


Salam,


0 Komentar