Bola Ubi





Saya ingat masih menyimpan ubi manis sisa membuat Daigaku imo tempo hari. Karena takut ubinya jadi busuk, beberapa hari sebelumnya saya mengukus ubi sisa tadi dan menyimpannya di frezer. Selain ubi manis kukus, ada juga pasta kacang merah yang saya bekukan, entah untuk membuat apa. Tadi sore akhirnya dapat ide membuat bola ubi isi pasta kacang merah. 

Waktu kecil, di kampung saya ada makanan bernama "tarasen" yang terbuat dari ubi manis kukus yang dihancurkan lalu dicampur gula, sedikit terigu lalu dicelupkan ke adonan tepung beras yang agak encer lalu digoreng. Bentuknya memang tidak bulat rata, tapi agak pipih, rasanya legit dan enak sekali dinikmati dengan secangkir teh. Namun kali ini saya tidak bermaksud membuat tarasen, saya akan membuat bola ubi dengan isian pasta kacang merah dan sebagian lagi untuk isiannya saya masukan coklat. Rasanya lebih kenyal dari tarasen karena saya menambahkan tepung sagu. Dibandingkan yang rasa coklat, saya lebih suka yang diberi isian kacang merah...aromanya lebih wangi..^^







Bola Ubi




Bahan:
350 gr ubi manis, kukus, haluskan
50 gr tepung sagu
100 gr tepung terigu
50 gr gula pasir
1/2 sdt vanelli bubuk
40 ml santan
Minyak goreng

Isian:
Coklat masak, potong kecil
Pasta kacang merah

Cara Membuat:
Campurkan semua bahan kecuali minyak goreng, uleni sampai bisa dibentuk. Ambil adonan satu setengah sendok adonan, pipihkan ditelapak tangan, lalu beri isian, bentuk bulat. Lakukan satu persatu sampai habis. Goreng adonan dalam minyak panas. Jaga agar api tidak terlalu besar supaya bola ubi tidak gosong. Bila warnanya sudah kuning kecoklatan, angkat, tirikan. Beri taburan gula bubuk di atasnya.

Sajikan bersama secangkir teh hangat...enjoy..!


Salam,



0 Komentar