Mushroom & Sausage Bread Quiche

Mushroom & Sausage Bread Quiche

Assalamua'laikum warohmatulloh wabarokatu...
Wilujeng wengi...
_____

Ya ampunn kenapakah saya masih online malem-malem gini, secara maljum gak takut ditowel gitu hahah... Padahal seharian abis ngider ke tiga dokter, pulangnya disambut bocah yang demam, terus lanjut beberes dan ngurusi segala macem kerjaan domestik, besok pun masih harus berpetualang ke Rumah Sakit yang lain, tapi jam segini masih ngeblog? warbyasaak yah..:P



Mushroom & Sausage Bread Quiche


Ulasan soal Quiche ini dikit aja yah, jadi konon quiche ini asalnya dari Prancis, tepatnya dari Lorraine, makanya dalam banyak resep suka ada tuh Quiche Lorraine kan, jadi Lorraine di sini merujuk pada salah satu tempat di Prancis yang mana si savory pie ini berasal. Jangan heran penamaan macam gini di kita juga lazim kan yah, macam Semur Jengkol Betawi, Coto Makasar, atau Bubur ayam Cianjur, nah kayak gitu lah hehe.. aduh eceu ngasih komparasinya meuni sama semur jengki yah..:D. Okeh, lupakan semur jengkol, mari lanjut ngebahas si Quiche, nah meski begitu, ada juga yang menyebut bahwa Quiche ini awalnya bukan dari Prancis, tapi berasal dari Inggris, tepatnya merupakan makanan yang berasal dari abad ke 14... woww..! long lasting ya bok, tak lekang oleh waktu, coba kita catet, apakah comro atau surabi oncom satu abad lagi masih eksis di Bandung? heheh... Kalo udah tengah malem saya suka rada giclek, maap yah pemirsa. Oke, lanjut lagi.. Tapi dari manapun itu asalnya, pokoknya sekarang si Quiche ini lebih populer dikenal berasal dari Prancis, seperti halnya Croissant lah ya, asalnya dari Itali (CMIIW) tapi sangeet populer di Prancis. Nah kira-kira begitu pula lah nasib si Quiche ini.






Quiche ini biasanya dibuat dari adonan tepung, semacam pie gitu, kemudian dikasih isian daging asap, susu dan telur serta keju. Umumnya memakai keju jenis Guyere, tapi da apa atuh saya mah, adanya cheddar aja. padahal coba kalo pake keju yang canggih itu pasti lebih nampol yak?

Terus lagi, quiche yang saya bikin ini bukan dari adonan tepung yang diuleni dengan butter, tapi memakai roti tawar yang ulala ngaggur di kulkas berhari-hari, karena yang punya rumah sering kelayapan jadi aneka macem bahan makanan numpuk di mana-mana. Bukan saya yang beli lho.. beneran... Itu mah kebanyakan hantaran dari sahabat, sodara dan kawan kawan dekat yang jenguk ke rumah. Ya gitu deh, nasib istri sholihah mah, banyak rejekinya hahaha *diuyel pembaca... ^^


Untuk membuat quiche versi roti tawar ini, pertama si roti harus dicetak dulu, biasanya pake bekas kaleng susu, terus abis itu diteken sampe tipis pake rolling pin, jadi nanti hasilnya gak gampang sobek pas dimasukin ke loyan muffin, terus jadi lebih krispi gitu, enak deh. Sebelum dimasukin isian, roti yang sudah dibentuk dan ditaruh di atas loyang muffin, kemudian dipanggang dulu sebentar tidak usah sampai kecoklatan, asal sampai mengering aja permukaanya. Nanti pas nuang telur, jangan disimpan lama-lama ya udahnya, soalnya kalo kelamaan bisa sobek rotinya. Jadi beberapa saat setelah telur dituang, langsung panggang. Nah resep di bawah saya kira kira aja yah pemirsa, untuk varasinya juga boleh disubstitusi. Misalnya gak ada jamur, boleh pake sayuran yang lain, semisal wortel, bayam dll... sosisnya juga silahkan diganti dengan daging asap, atau daging segar cincang yang ditumis dulu sebelumnya. Bebaslah pokoknya.. ^_*




-------------------

MUSHROOM & SAUSAGE BREAD QUICHE


Mushroom & Sausage Bread Quiche









10-15 roti tawar yang sudah dibentuk bulat
4 buah jamur kancing, potong kecil
3 buah sosis, potong kecil
Brokoli [sedikit aja], potong kecil
Paprika merah dan hijau, cincang halus [masing masing kira-kira 1/4 buah]
1 sdm butter, untuk menumis
Gula, garam, merica
2-3 butir telur
4 sdm susu cair
Keju untuk topping [dan peterseli bila suka]






Untuk isiannya, jamur dicincang halus sama sosis, dan brokoli. Ditumis dengan butter pake bawang putih dan bawang bombay, tambahin potongan paprika hijau dan merah. Terus dibumbui sedikit gula garam dan merica

Siapkan telur (2-3 butir, untuk 10-15 quiche), dicampur dengan beberapa sendok susu cair, kocok rata.

Siapkan 10-15 lemabr roti, cetak bulat dengan bekas kaleng susu bersih, kemudian pipihkan dengan rolling pin. Siapkan loyan muffin, oles dengan minyak, taruh satu lembar roti masukan pelan pelan supaya tidak sobek. Panggang 5 menit di suhu 150'c, keluarkan dari oven. Masukan tumisan jamur sosis, tuang campuran susu, taburi keju parut. Panggang 15-20 menit di suhu 150'C. Sajikan hangat.




-------------------

Selamat mencoba semoga bermanfaat...


Salam,



6 comments :

  1. Gw sering nya makan beginian di coffee bean

    BalasHapus
    Balasan
    1. alamak bang gimana ini tongkrongan saya mah warteg..:P

      Hapus
  2. Duh, penasaran jdnya.. kpn2 mau coba ang, beli bahannya dulu. Tfs mbak

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^