Kue Soes Isi Vla Coklat

Soes Isi Vla Coklat

Ini adalah kue soes pertama saya, jujur memang penampilannya  belom semok bener.. tapi saya pikir masih lumayan lah untuk seorang pemula seperti saya..hehehe..




Soes Isi Vla CoklatSewaktu saya masih sekolah di SMA, saya ingat betul dan masih terngiang-ngiang sampai sekarang, guru saya pernah bilang... kalau saya memiki satu kekurangan yang membuat saya kadang gagal dalam melakukan sesuatu. Menurut beliau kekurangan saya adalah, sangat ceroboh dan grasak grusuk kalau melakukan sesuatu.
Bukan karena kekurangan passion tapi justru karena terlalu bersemangat, makanya ada saja kekurangannya. Lalu apa hubungannya resep kue soes dengan guru saya? ya...itu...ketika saya membuat kue soes ini, saya terlalu bersemangat sehingga begitu ceroboh melewatkan salah satu step cara membuat soes nya, sehingga kue soes yang dihasilkan kurang maksilmal. Seandainya saja saya bisa lebih bersabar dalam mengeksekusi sebuah resep pastinya kue soes yang saya buat, tidak kurus langsing begini...#duh...

Saya membuat kue soes ini karena tergoda dengan resep yang diposting oleh Ummu Fathima, salah satu teman saya sesama food blogger, beberapa hari yang lalu. Beliau memposting resep kue soes yang memakai isian vla coklat! beda dengan kue soes yang biasanya berisi vla vanilla, karena sejujurnya saya sebenarnya kurang begitu menyukai kue soes, apalagi yang isiannya vanila. Entah kenapa... Tapi ketika melihat kue soes isi colat ini, langsung deh tergoda....pengen bikin...


Read More...


Soes Isi Vla CoklatSayangnya, seperti yang saya bilang tadi, saya tidak begitu teliti membaca resepnya. Seharusnya, adonan yang telah dimasak itu didinginkan terlebih dahulu, baru kemudian telurnya dimasukan satu persatu.
Nah saya malah memasukan telurnya, sesaat setelah adonan tepung terigunya diangkat dari kompor, jadinya ketika telurnya masuk, ya kondisonya masih panas, sehingga telurnya jadi matang sebelum dipanggang. Alhasil, adonan pun tidak mengembang dengan baik...ditambah lagi... ini pengalaman pertama saya membuat kue soes jadi belum tahu itu seharusnya di susunan rak yang sebelah mana supaya pas dengan suhu yang dibutuhkan dalam mebuat kue soes. 

Dari satu resep yang saya buat itu, ternyata setengahnya gagal total di panggangan pertama. Saya memakai tiga loyang, saya susun semua tuh jadi tiga susun sekali panggang, ternyata yang ada di rak bagian bawah, jadinya bener-bener gak bisa ngembang, malah kok kayak soes kering mini, kuntet gak mau ngembang sedikit pun. Untuk rak bagian tengah, kondisinya masih lebih mendingan, mau mekar tapi kok lamaaa gitu... mungkin karena suhunya yang bagian tengah kurang panas, jadinya susah naik. Nah yang paling parah tuh yang bagian atas. Semua kue soesnya jadi gosong! item gak ada yang bisa dimakan... [saya pakai api atas bawah]*hadeeeuh*...


Bagian atas sudah mengembang, yang bawah masih mingkem..:D.

Berbekal pengalaman di panggangan pertama itu, saya jadi mikir-mikir ini sisa adonan di goreng aja gitu pake spuit bintang, kan bisa jadi churros...tapi ah, masa iya baru segitu aja udah nyerah, cemen banget. Namun, sedikit harapan muncul melihat hasil adonan di loyang yang bagian tengah, ternyata masih bisa mengembang meskipun tidak maksimal. Mungkin, selain karena kesalahan memasukan telur tadi, memang pengaturan suhunya juga berpengaruh. Akhirnya saya ambil sisa adonan, langsung di semprot ke loyang, dan nggak pake spuit, bentuknya pun dibuat panjang-panjang, beda dengan sebelumnya yang berbentuk bulat.

Untuk panggangan kedua ini, Jadinya dua loyang. Satu loyang saya taruh di bagian tengah, satu lagi di bagian bawah, soalnya kebayang aja kalau disimpan di bagian atas, malah bisa-bisa gosong lagi.  Nah ini juga mungkin salah yah, soalnya hasilnya hanya yang di bagain tengah yang mengembang dengan baik, sementara yang bagian bawah meskipun mengembang tapi nggak sebesar yang di atas nya. Seharusnya mungkin yah satu oven itu dipanggangnya satu loyang... [maksudnya ini khusus untuk oven saya, entah untuk oven yang lain]. Hasilnya, silahkan lihat di poto di atas, terlihat bedanya, yang di loyang tengah, adonannya mengembang, sementara yang dibawahnya masih seperti semula.




*fiuhhh..cape juga nih nulisnya....
Jadi begitulah teman-teman... practice makes perfect...begitu kata teman-teman foodblogger yang sudah ahli... setidaknya kata-kata itu memberi saya harapan, bahwa baking atau memasak itu tidak hanya mengusai resep tapi juga butuh pengalaman dari seringnya mempraktekan resep tersebut, dengan catatan teteup harus teliti dan membuang kebiasaan grasak grusuk nya...

Soal rasa? saya bisa pastikan enak...meskipun vla coklatnya agak sedikit kurang manis, karena saya memang pecinta makanan manis, mungkin untuk teman-teman yang lain ini sudah pas, cuma untuk saya mungkin untuk isian vla nya kurang satu sendok lagi deh gulanya heheh...

Untuk ummu fathima makasih banget buat resep nya ya um.....
Nah, buat teman-teman, yang ingin melihat soes cantik buatan ummu fathima, silahkan ceklick di link yang saya sertakan di bawah...^^




SOES ISI VLA COKLAT
Source: Simply Kitchen








Kulit Sus

150 gr tepung terigu
125 gr Margarine
1 sdm gula pasir
200 ml air
4 btr telur






Vla Coklat 

[saya pakai 1/2 resep]

100 gr gula pasir
50 ml air
500 ml susu cair
2 btr kuning telur
50 gr tepung Maizena
120 gr dark cooking chocolate, cincang
40 gr coklat bubuk






Kulit:

Masak air, margarin dan gula hingga mendidih.Kemudian, masukkan tepung terigu, aduk cepat adonan hingga kalis, angkat, dinginkan. Setelah dingin, masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
Panaskan oven selama 10-15 menit dengan suhu 190-200' C.
Ambil adonan, kemudian, masukkan ke dalam plastik segitiga, lalu semprotkan diatas loyang yang sudah dioles margarin. Jangan lupa, memberi jarak antar adonan. 
Panggang kue selama 20-25 menit hingga mengembang dan permukaanya kecoklatan. Selama memanggang, tutup oven jangan dibuka, karena akan menyebabkan sus turun lagi setelah dikeluarkan dari oven. Apabila terlihat buih-buih pdaa soes, suhunya bisa sedikit diturunkan dan teruskan memanggang hingga matang dan buihnya hilang.



Vla:

Cairkan tepung maizena dengan air, masukan kuning telur, kocok, Sisihkan.
Masak gula pasir, susu, dan coklat bubuk sambil diaduk hingga gula dan coklat bubuk larut, kemudian  tuangi  larutan tepung maizena, aduk cepat hingga rata, dan meletup letup. Tambahkan DCC, aduk lagi hingga coklat larut dan semua bahan tercampur rata. Biarkan mendidih sekali lagi. Angkat. Dinginkan. 


Ambil satu buah kulit soes, belah, tapi jangan sampai putus, Masukan isian, tutup lagi. Sajikan.






Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



12 comments :

  1. yang penting udah coba mba, satu langkah didepanku..aku sampai sekarang belum berani..:(
    coba dibelahnya di samping mba jadi seperti eclair ya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah..masa sih blm nyobain..kirain ini kue sejuta umat hihihi...
      saya itu kalo gak pengen banget jarang bikin, nah sama yang ini gak tau deh pengen aja nyoba gitu hihi..abisnya sering bgt temen2 sliweran pada bikin ini dan kebetulan ada coklatnya..wah klop deh...

      Mungkin lain kali kl bikin lagi, coba belah samping, jadi kayak eclair dan mudah2an tampangnya lebih semok...:D

      Hapus
  2. waah...walau salah langkah, tp jd jg ya Mbak....iya lho, klo dibelah samping udah kyk eclair...sy malah pake sendok nyetaknya :D

    BalasHapus
  3. hihihi iya mbak duh kbiasaan nih um...grasak grusuk gitchuu....

    itu karena udah bingung um, tkt gak mekar gt hihihi..

    BalasHapus
  4. nice day :)
    hargailah hari kemaren,
    mimpikanlah hari esok,
    tetapi hiduplah untuk hari ini.
    bagi-bagi motivasinya yaah...

    BalasHapus
  5. saya udah cobain resepnya, tp setelah sekitar 6 jam saya taruh di meja makan vla coklatnya jd lumer, pdhl wkt pagi buatnya sudah pas kentalnya. Kira2 kenapa ya mbak?? thanks

    BalasHapus
  6. hallo..
    ini pertama kalinya sy bikin soes, dan kalo gak salah waltu itu setelah dingin, soesnya sy masukin ke dalam lemari es karena kalo liat di gerai2 jg kondisiny jg dingin. jadi flanya tetap menggumpal.apa mungkin karena disimpan di suhu ruang yah jd mencai... mohon maaf sekiraya jawbam sy tdk bisa membantu....

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^