Cake Kukus Ketan Hitam

Cake Kukus Ketan Hitam
Cake dengan rasa yang legit, empuk dan gurih....

Assalamua'laikum...
Wilujeng enjing...

Pagi-pagi liat poto-poto di akun facebooknya pak Walikota yang lagi seru-seruan di acara Ujungberung Culinary night,  bikin kangen aja ke Ujungberung. Dah setaun ninggalin tempat itu, dan kemudian nomaden ke Sariwangi Bandung Barat... tapi kesannya gak pernah hilang. Meskipun di sana rasanya lebih panas... Tapi ada banyak kenangan yang terus bertahan dari tempat itu... Nah soal Ujungberung culinary Night itu, tau sendiri kan di Bandung sekarang yang lagi heppening adalah acara perkulineran di malam minggunya. Karena Bandung memang kota dengan aneka macam jajanan yang sangat-sangat kreatif... dan tadi malem itu pembukaan culinary night di Ujungberung. Kalo tidak salah acara culinary night itu rencananya akan diadakan di tiap kecamatan. Sementara yang sudah terealisasi yaitu di daerah Braga, Cibadak, dan semalam di Ujungberung. Responnya sangat positif... masyarakat di sana sepertinya sangat antusias dan menikmati acara tersebut, terlihat dari komen-komennya, luar biasa... padahal di daerah alun-alun Ujungberung itu, zonanya macet sepanjang masa, tapi katanya semalam petugasnya sigap, jadi meski lalu lintasnya padat, tetap lancar jaya.... Lajengkeun kang Emil!

Nah lho jadi ngelantur kemana-mana hahaha... ya sedikit infolah seputar Bandung meski cuma sekilas aja. Dan di wikend yang mendung ini ada resep cake kukus ketan hitamnya NCC yang pastinya temen-temen udah pada nyobain kan yah... saya aja yang belum hehehe.... Jadi ini pertama kali saya bikin cake ketan kukus ala NCC, cuma  ketannya kurang, jadi saya campur dengan tepung terigu dan karena kecemplung gak sengaja, saya tambahin tepung tapioka. Hasilnya? enaaak bangeeed... wanginya, teksturnya, legitnya... mantap!. Sayang warnanya kurang cakep, jadi buluk ngadaun hiris....hihihi mungkin karena penambahan tepung terigu nya itu. Tapi biarin deh toh rasanya tetap enak. Dan iseng saya kasih toping coklat dikit... langsung deh diserbu anak-anak... 


 Cake Kukus Ketan Hitam

Cake Kukus Ketan Hitam

Cake Kukus Ketan Hitam


CAKE KUKUS KETAN HITAM
Source: NCC

Cake Kukus Ketan Hitam






6 btr telur
200 gr gula Pasir
1 sdt cake Emulsifier [skip]
350 gr tepung Ketan [saya cuma 250 gr, dicampur dengan  80 gr terigu dan 20 gr tapioka]
¼ sdt garam
150 ml minyak sayur
200 ml santan
1/2 sdt Vanilli bubuk 
90 gr SKM [resep asli tidak pakai]







Panaskan kukusan, Kocok telur, gula, dan cake emulsifier [jika pakai] hingga kental dan putih. Masukkan tepung ketan hitam, vanili bubuk, susu kental manis, aduk rata. Tuang minyak dan santan, aduk rata.
Masukkan adonan kedalam 2 buah loyang loaf ukuran 10x22x8cm yang telah dipoles mentega dan ditabur tepung tipis-tipis, hingga ¾ tinggi cetakan, kukus selama 40 menit atau hingga matang. Angkat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,


8 Komentar

  1. Waaah mantap... jadi ngiler nih... bagi donk?? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sini aja bang... tak bagi cucian nya hihi..

      Hapus
  2. kala masih kasep ujungberung tempat malam mingguan tuh.
    terus kukus ketan itemnya mo diapain coba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah atuh ayeuna mah tos teu kasep heheheh...
      dianggurin aja mang....:D

      Hapus
  3. Kuenya menggugah selera, hasilnya mirip brownies yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, krn dikasih toping jd kayak brownies..:)

      Hapus
  4. manteeeppp.....
    kalo ada coklat2 begituan emang bikin bocah langsung nubruk, kaya banteng digodain kaen merah...
    wkwkwkwk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...
      bisa2 gemek kalo ditubrukin atuh ...:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^