Golden Pillow Pineapple Tart

Pineapple Tart
Golden pillow apaan ini kan cuma nastar gulung...*hehehe..biarin, suka-suka yang ngasih judul donk... pineapple tart ini tipe melt in mouth, agak rapuh,  tapi soal rasa..bener-bener seperti yang saya harapkan...^^



Setiap kali saya membuat pineaple tart, nastar, atau apapun itu namanya, saya lebih senang menambahkan keju ke dalam adonannya, supaya, selain lumer di mulut, juga ada sensasi krenyes-krenyes dan gurih...kayak pineapple tart yang saya buat ini, meskipun bertipe melt in mouth tapi ada krenyes-krenyesnya juga. Kalau untuk saya sih ya cocok banget...

Niat banget yah, hari gini..lebaran masih jauh tapi udah bikin kuker...
Kalau bukan karena sisa selai nanas yang udah ngendon di fridge entah berapa lama, saya juga hoream. Cuma khawatirnya itu selai keburu rusak. Setelah saya periksa owgh... ternyata masih bagus, sama sekali gak ada perubahaan di bau, rasa dan warnanya. Akhirnya saya ambil 2/3 nya untuk dibuat pineapple tart ini. Sisanya saya simpan lagi karena ternyata memang masih banyak, satu adonan masih kelebihan..ya sutralah..tak apa-apa mungkin lain kali saya harus puter otak lagi nyari resep yang ada selai nanasnya..



Read More...




Pineapple Tart
Harusnya kalo golden pillow  nanasnya gak ada yang nongol, itukan jadinya kayak selimut, tapi karena keukeuh pengen ditulis golden pillow,  nanasnya ngintip juga gak mau diganti jadi golden blanket *grin

Pineapple Tart
Ini namanya, golden flower wanna be...

Pineapple Tart

Resep yang saya pakai hasil raba-raba aja takarannya. Selain itu di resep ini juga gak pake gula bubuk karena lagi gak ada stok, makanya saya pakai susu kental manis aja. Soalnya pernah liat di resepnya siapa yah lupa kalo gak salah di tempatnya kak Sonia Nasilemaklover, apa di tempatnya Vivian Pang, saya nggak ngecek lagi. Ternyata pineapple tart ini pemanis untuk kulitnya bisa pakai susu kental manis, wah kebetulan...dan jadinya adonan kulitnya lebih lembut. 

Eh... iya, satu lagi, cara memasukan isiannya, biasanya kan suka dibentuk dulu, kadang disimpen dulu di kulkas,  supaya gampang pas waktu mengisikannya. Nah karena saya lagi males, setelah selai nanasnya dikeluarkan dari kulkas, saya hangatkan sebentar, kemudian dibiarkan menjadi dingin lagi, udah gitu dimasukin ke plastik piping bag, terus potong ujungnya. Ntar pas ngebentuk adonannya, selai nanasnya tinggal disemprotin, beres deh..jadinya lebih cepet kan..:D




PINEAPPLE TART









Pineapple Tart










230 gr tepung terigu
180 gr butter 
2 kuning telur
75 gr susu kental manis
2 sdm tepung maizena
100 gr keju, parut halus
Selai nanas home made, untuk isian



Olesan [aduk rata]:
1 kuning telur
1 sdm madu









Kocok butter dan susu sampai lembut, masukan kuning telur, kocok asal rata, tambahkan keju, kocok hingga keju menjadi lembut. Matikan mixer, masukan tepung terigu dan meizena, aduk rata. Ambil adonan, kemudian pipihkan dengan rolling pin, potong memanjang, beri isian, gulung. Atau bentuk sesuai selera, bisa bentuk bulat, bentuk bunga, sesuai selera aja. 


Pineapple Tart


Panggang setengah matang, kemluarkan dari oven, oles dengan campuran kuning telur dan madu. Panggang lagi hingga kuning keemasan. Keluarkan dari oven, segera angkat dari loyang, lalu taruh di rak kawat, setelah dingin, masukan ke dalam toples.



Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,


18 Komentar

  1. Cakeeepp nastar dan fotonyaaa....setor toples kosong ya Mbaaaak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oough makasih...

      *itu toples kamsutnyah minta dicuciin?:D

      Hapus
  2. bund, fotonya selalu menarik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kalo dibanding py mbak Lissa..jauuuhhh....
      :D

      Hapus
  3. mba izin copas resepnya ya :p

    Mampir kesini ya, salam kenal Peta Indonesia Karya Anak Negeri

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkeun kang..
      jangan lupa ngasih credit kesini:D

      Hapus
  4. Balasan
    1. hallo teteh...salam kenal jugaaaa...
      duh makasih bgt udeh mampir di mari..:D

      Hapus
  5. Blognya menarik bngt ya, fotonya bagus2, keren dech, jd betah brselancar disini.
    saya lg cari resep nastar yg beda ni teh, ingin tekstur yg ga terlalu renyah n ngeprul2 gitu. Ingin yg lembut moist empuk gitu hehe... dr bny redep nastar kayaknya yg teh ayu posting ini beda nih, ingin lngsung coba mumpung ada sisa selai, tp sebelumnya saya tanya ya teh, nastar ini teksturnya gimana teh? Trus dr resep nastar teh ayu yg lain yg paling teh ayu suka yg mana? Trus ngocok butter n susu kental manis sampai lembut itu berapa lama /menit klo pake hand mikser pbiasa?.... terima kasih bny sebelumnya, maaf ya teh prtnyaannya bnyk bngt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haallo m,akasih udha mampir dimari yah...
      nastar ini teksturnya seperti review di atas, melt in mouth dan lumer di mulut... tapi karena saya manggangnya ampe kering bgt jadi nya kering gt hehhe.... kalo saya ditanya resep mana yang paling saya suka? ya resep yang ini... meski dah nyoba macem2 resep nastar tapi yang paling saya suka yang ini :)
      ngocok telurnya gak usah lama2 karena ntar jadinya mleber... kalo saya emang snengaja dilama2 in hehe makanya hasil nastarnya gak pernah bagus...:D

      Hapus
    2. Makasih bny ya teh udah dijawab, insya allah libur bsok di praktekin resep ini. Tp 1 lg prtanyyan dunk boleh yaa..hehe. knapa ngocoknya sngaja di lama2in teh ayu?... apa perbedaan dirasa dan di tekstur ya antara yg dikocok lama sm sebentar?... mohon infonya dunk teh ayu.
      klu saya sndiri lbh suka tekstur nastar yg tdk trlalu ngeprul, lbh suka sdkt padat tp ttp lembut n moist. Trima ksaih, maaf saya lupa sebutin nama, saya alma teh dr kepri, aslinya dr sunda jg.

      Hapus
    3. enggak sengaja teh, seringnya kelupaan... haha dikira ngocok cake... nggak begitu ngaruh. Baiknya sebentar aja asal butter dan susunya rata matiin mixernya:)
      Saran dari saya, mending cobain aja teh, kalo saya sih suka sekali... mudah2an cocok juga resepnya..^^

      salam kenal yah teh Alma, nuhun udah baca2 resepnya:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^