Jala Saus Durian

Jala Saus Durian

Susah yah menggambarkannya...testimoninya secara umum sama lha yah kayak kemarin... rasanya manis, aromanya wangi, bedanya yang ini gak lumer kayak bubur, ya iyalah..pan inimah jala buat jodoh saus duriannya..jadi teksturnya agak kenyal gitu pas udah kesiram saus...yang penting sama-sama enak kok^^


Nah ini dia yang saya janjikan kemarin di postingan resep Bubur Sumsum Saus Durian.. jadi sebenarnya saya membuat ini, dalam rangka menghabiskan sisa saus durian yang saya buat kemarin. Soalnya di rumah yang doyan durian cuma saya. Daddy sama Kirei chan, sama sekali gak suka...heran yah itu mereka berdua... padahal uwenaaak banget tapi gak mau nyentuh sama sekali. Nyium baunya aja udah pada kabur.... 

Saya sih sebenernya gak keberatan menghabiskan sepanci saus durian itu...kalo gak inget sama berat badan pastinya udah gak pikir-pikir lagi...tapi ya gimana yah...begimanapun kalapnya makan durian, teuteup kudu kontrol donk...kalo enggak itu badan ntar melar kayak bola karet...belum lagi, ini kudapan yang manis..ada santannya lagi...jadi seberapapun sedapnya, porsinya harus dibatasi..hihi..untunglah ada mbak Ati, asisten tetangga sebelah yang mau menampung apa aja, jadinya gak mubazir gitu...


Ream More...

Jala Saus Durian


Berkat si mbak inilah..akhirnya selesai juga edisi durian kali ini...meskipun sewaktu menuliskan resepnya saya pun masih ngiler-ngiler sih...masih pengen bo!...xixixixi....mudah-mudahan besok-besok Daddy mau berbaik hati membelikan saya durian lagi..*aaamin.....^^




 JALA SAUS DURIAN





Jala Saus Durian















Saus Durian:

500 ml santan dari 200 gr kelapa parut
100 ml air untuk merebus gula merah
150 gr gula merah, sisir
3 sdm gula putih
1 lembar daun pandan/ 1/2 sdt vanilla bubuk
10 biji  durian [maksudnya yang masih ada dagingnya]



Kulit:

160 gram tepung terigu protein sedang 
250 ml susu cair 
1 butir telur, kocok lepas
1/2 sendok teh garam 
1 sendok makan minyak goreng






Saus Durian:

Rebus gula dengan air hingga gula mencair, angkat, kemudian saring.
Campurkan santan dan gula merah yang sudah dicairkan, kemudian masak di atas api sedang. Tambahkan gula putih dan daun pandan, aduk-aduk supaya santan tidak pecah, tambahkan daging durian, masak hingga saus menjadi agak mengental. Cicipi, sesuaikan tingkat kemanisannya dengan selera masing-masing. Sajikan bersama dengan bubur, hangat, atau pun dingin.



Kulit:
Aduk rata tepung terigu, telur, garam, susu cair, dan minyak, kemudian masukkan dalam kantung plastik segitiga, potong ujungnya lalu semprotkan di atas wajan datar *buat bentuk dadar jala*, kemudian lipat-lipat. Angkat, lakukan sampai habis.





Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,




19 comments :

  1. Enyak enyak enyaaak...pesen hiji...nganjuk!

    #teuteup

    Teteh waktu belah durennya kenapa gak minta tolong sama aku ajah?

    BalasHapus
  2. how lucky kirei and aiko having mom like teteh yang JAGO masak
    *ngiler

    BalasHapus
  3. Teteh aaarrrggghhh...
    Kau membuatku aaarrrggghhhh
    *jedotin pala di kasur*

    BalasHapus
  4. Kasih aspirin..*kayaknya lg pucing ampe jedot2 pala....:D
    #eh..bumil ga bole ya:D

    BalasHapus
  5. Qiqi: ah kiki aku jadi malu...*tutup muka pke panci..:P

    BalasHapus
  6. kang Rudy: teu beja2 bilih palay:D

    BalasHapus
  7. Bukannya tu panci panas teh? Ih teteh bisa atraksi gitu ya? Bisa masuk acaranya dedy cobusyet nih :D

    BalasHapus
  8. nggak pancinya kan bolong jadi gak bisa dipake, alih fungsi jadi tameng..kala kepepet pengen ngumpet:D

    BalasHapus
  9. ah elah duren deui wae
    balik ah...

    BalasHapus
  10. #etss..maen kabur ajah..
    *tarik tali pocong...#eh tuyul yah:D

    BalasHapus
  11. Sanes bisi deui, tapi memang palay hihi...

    Mas Raw balik pasti nyari duren buat dibelah!

    BalasHapus
  12. gak suka dureeeeeen...
    tapi kalo udah diolah, jadi lempok, jadi selai, jadi es krim masih lumayan bisa nerima...

    BalasHapus
  13. eh masih terbayang bayang tuyul ane...

    BalasHapus
  14. bukan buat dibelah kang Rudy,...kl si mas, duren kagak perlu dibelah, lansung ditelen sama kulitnya hihihi
    #pura2 gak dooyan, padahal ma jaim..

    BalasHapus
  15. eh btw, lempok semacam apakeuh?
    iya itu jg duren sisa dimakanin hihihi...sisanya, baru diolah..

    BalasHapus
  16. Papah Encip: Jitak si tuyulll......

    BalasHapus
  17. waah....kapan2 pengen nyobain...kirain roti jala itu hanya dimakan sama kari aja :D

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^