Sambal Goreng Kentang

Sambal Goreng Kentang Masih ada satu kilo kentang sisa membuat kentang goreng gara-gara kelupaan masak nasi sewaktu membuat ayam saus teriyaki kemarin. Tapi tidak semua sisanya saya masak, cukup diambil setengahnya saja, soalnya yang makan cuma berdua, itupun Daddy nggak terlalu suka olahan kentang kecuali digoreng. Dengan setengah kilo kentang plus 250 gr ati ampela pun hasilnya lumayan banyak, dan lumayan klenger kalo dimakan berdua hihihi..

Sebenarnya selain memakai ati ampela, sambel goreng ini pun bisa diombinasikan dengan udang kupas, rasanya sama-sama enak. Cuma tadi pagi adanya ati ampela ya udin..masak yang ada saja. 

Bagi yang rajin jadi pemirsa di blog saya, pastinya tahu, masakan saya rata-rata bercita rasa pedas. Kalau bukan dari cabe, ya dari lada hitam, lada putih atau jahe, yang pasti pedes-pedes..hihi.... kebayang kalau punya suami yang nggak suka makan pedes repot kudu masak dua judul tiap hari..*lirik mas Rawins* padahal sebenarnya daddy sering menwa tapi nggak kapok. Saya? ouww..nggak tahu kenapa, meskipun punya maag, tapi perut tetap aman dan nyaman dan jarang menwa.... [menwa tau kan? bukan resimen mahasiswa loh yah...ini tuh kependekan dari  mencret wae....:D]


Read More...

Sambal Goreng Kentang



Sambal Goreng Kentang





SAMBAL GORENG KENTANG

Sambal Goreng Kentang











500 gr kentang, kupas, potong kotak kecil
250 gr ati ampela/ udang kupas
1 papan pete
3 cm lengkuas, geprek
1 batang sereh, geprek
2 lmbar daun salam
150 ml santan
Gula Garam



Bumbu yang dihaluskan:
70 gr cabe merah besar
3 buah cabe rawit
6 buah bawang merah
3 buah bawang putih
3 butir kemiri
1 ruas jari terasi, bakar





Goreng kentang hingga matang, angkat, tiriskan.
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan daun salam, sereh dan lengkuas, masak hingga bumbu harum dan matang, kemudian masukan ati ampela/ udang. Tuang santan, masak hingga ati atau udang matang, masukan pete dan kentang, masak hingga aroma pete kular sementara itu, bubuhi gula dan garam. Cicipi, apabila rasanya sudah pas, dan sambal gorengnya sudah mengering, angkat, sajikan.





Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,


6 Komentar

  1. duh enak tenaan :D
    ada petenya pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixi petenya disimpen dipinggir piring, buat daddy...:D

      Hapus
  2. kesukaane abi makanan kek gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesukaanku jugaaa....:D, tp petenya gak dmkn...

      Hapus
  3. Kira-kira tu pete nya yang guede2 tu bisa diganti ma apa ya mbak?? koq ngeri gitu liatnya,,,

    supeerrrr gede..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sbnernya petenya kcl tp dpotonya makro jd kliatan gede kl ga suka skip aja petenya^^

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^