Pempek Tanpa Ikan


Pempek kok ngga pake ikan?
Beginilah...kalau nggak suka ikan tapi pengen makan pempek, jadinya maksa heheh...tapi setelah dicobain Daddy, katanya pempenya enak kok, cuma itu kurangnya ya, nggak ada rasa ikannya...

Entah sampai kapan phobia ikannya bisa sembuh, padahal waktu kecil saya senang sekali makan kakap merah, dan lagi saya dilahirkan dan dibesarkan di daerah pesisir pantai kok yah ngga suka ikan..aneh hehehe..

Untuk resep pempek ini, saya modifikasi sendiri, soalnya disesuaikan dengan ketersediaan bahan yang ada di rumah. Bikinnya kan mendadak, jadi nggak ada persiapan bahan dulu sebelumnnya.







Pempek Tanpa Ikan






Bahan biang:
100 gr tepung terigu
200 ml air
2 siung bawang putih, parut
1,5 sdt garam
3/4 sdt gula
1 butir telur


Bahan Pempek:
250 gr tepung sagu
4 butir telur
Minyak goreng

Kuah cuko:
1 liter air
200 gr gula merah
4 biji asam Jawa
Cuka secukupnya
Garam
3 buah bawang putih, geprek
2 sdm ebi, sangari
6 buah cabe rawit merah

Pelengkap:
Mie
Mentimun, iris kecil


Cara membuat:
Biang: campurkan smeua bahan biang, kecuali telur, aduk hingga rata dan tidak bergerindil lalu masak di atas api hingga menjadi bubur. Hati-hati jangan sampai bergumpal. Angkat, dinginkan di dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, masukan telur lalu aduk hingga rata.
Siapkan wadah, masukan adonan  biang kemudian tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit, sambil diuleni, sampai adonan sudah bisa dibentuk. Apabila masih terasa agak lengket tambahkan sedikit lagi tepung sagunya. Ambil satu kepal adonan, masukan isian telur, lalu bentuk seperti kapal selam. Karena saya kesulitan memasukan telurnya, saya memilih untuk merebus dulu telurnya sebentar, kupas lalu baru dijadikan isian. Rebus adonan yang sudah dibentuk dalam air mendidih yang sudah diberi 2 sendok makan minyak goreng. Lakukan satu persatu hingga adonan habis. Angkat pempek yang sudah mengapung/matang.
Goreng pempek dalam minyak panas hingga matang lalu tiriskan.

Kuah cuko:
Didihkan air, sambil menunggu airnya mendidih, haluskan cabai, ebi dan gula merah, lalu masukan ke dalam air, tambahkan gula, bawang putih, garam dan cuka. Masak hingga mendidih. Cicipi, sesuaikan rasanya dengan selera masing-masing. Angkat.

Penyajian:
Siapkan piring saji, masukan pempek, mie, dan irisan mentimun, lalu tambahkan kuah cukonya.

Selamat mencoba^^




0 comments :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^