Cheese Cake [kukus]

Gara-gara tempo hari saya nyobain membuat chessy chiffon cupcake ala resepnya mbak Hesti..saya jadi ketagihan pengen makan cake yang keju-keju. Tapi berhubung kondisi badan kurang enak..males nimbang-nimbang bahan, jadilah saya nyari resep baru tapi tetap yang berkeju. Akhirnya saya nemu resep cheese cake di Dapur Hafi, dan saya lihat-lihat cara membuatnya relatif mudah nggak perlu nimbang-nimbang juga hehehe..soal rasa sama-sama enak, lembut banget teksturnya dan nggak perlu khawatir gagal, cukup dicemplungin bahan-bahannya..jadi deh..^^







Banana Roll Cake





Bahan: 
250 ml susu uht
3 sdm SKM
125 gr keju cheddar parut
1,5 sdm tepung custard [saya nggak pake]
5 sdm margarine, lelehkan
3 butir telur
2 sdm gula [saya tambahin jadi 5 sdm]
6 sdm terigu
2 sdm maizena [saya 3 sdm]
5 sdm susu bubuk


Cara Membuat:
Masak susu UHT, susu kental manis, keju parut dan tepung custard hingga mendidih dan agak mengental, lalu angkat tuangi dengan margarin cair, dinginkan.

Didihkan air di dalam dandang, jangan lupa mengalasi tutupnya dengan serbet bersih, dan siapkan loyangnya.
Kocok telur dan gula hingga benar-benar kaku, kemudian masukan terigu yang sudah dicampur dan diayak bersama tepung maizena dan susu bubuk, lalu masukan ke dalam adonan keju yang sudah didinginkan. Aduk hingga rata, masukan ke dalam loyang lalu kukus selama 30 menit.


Selamat Mencoba^^



6 Komentar

  1. Balasan
    1. dandang itu, maksudnya kukusan [ tempat mengukus] hehe.., sy piir sudah jd bhs nasional:D...

      Hapus
  2. Hai mbak, salam kenal. Resepnya simple bnget ya pict nya jg cantik dech, jd tertarik nich saya pngen nyobain. Itu kocok telur+gula smpai kaku hard peak apa soft peak aja mbak?.. trus masukin tepung keadonan telur td dikocok pake mikser apa aduk manual pake spatula?
    bgitu jg saat masukin telur+tepung ke adonan yg telah dilelehkan itu apa bs dikocok pake mikser?..atau ttp harus aduk balik manual?..msh was2 ni mbak dgn sistem aduk balik khawatir bantat krna memang blum bisa saya hehe...
    maaf pertanyaanya bnyaaakk hehe dan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo mbak... kalo dikocok sampai kaku biasanya hard peak...:)
      diaduknya manual mbak... semua kecuali ngocok telurnya..:)

      Hapus
  3. Halo mba ayudiah. Cheese cake ini tanpa bahan pengembang dan emulsifier ya mba?.. apa cakenya bs mngembang dan ga terlalu padat gitu mba?.. saya pengen segera nyobain ni, thanks before.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, cheesecake biasanya tanpa tambahan pengenmbang atau emulsifier... kuncinya di pengadukan, pake aduk balik gt, insyaAlloh gak akan terlalu padat:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^